Minggu, 20 Oktober 2013

Jurnal Perilaku Konsumen

Nama Penulis
Abdul Ghoni Tri Bodroastuti

Judul Penelitian 
Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Pengaruh Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang)

Sumber Jurnal / URL

Rumusan Masalah
1.     Bagaimana pengaruh faktor budaya terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan Griya Utama Banjardowo?
2.     Bagaimana pengaruh faktor sosial terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan Griya Utama Banjardowo?
3.     Bagaimana pengaruh faktor pribadi terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan Griya Utama Banjardowo?
4.     Bagaimana pengaruh faktor psikologi terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan Griya Utama Banjardowo?
5.     Bagaimana pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi secara bersama-sama terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan Griya Utama Banjardowo?

Tujuan Penelitian
Mengetahui bagaimana faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen diperumahan Griya Utama Banjardowo secara parsial maupun simultan dapat meningkatkan keputusan pembelian dan variabel mana yang lebih dominan memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembeli.

Hipotesis
Ha1: Faktor budaya berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
Ha2: Faktor sosial berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
Ha3: Faktor pribadi berpengaruh positif terhadap  perilaku  pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
Ha4: Faktor psikologi berpengaruh positif terhadap  perilaku  pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
Ha5: Faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.

Metode Penelitian
1.     Pendekatan Penelitian
Pendekatan penelitian  yang digunakan yaitu kuantitatif.
2.     Jenis Penelitian
 Jenis penelitian ini berupa penelitian Kausal komparatif yaitu penelitian dengan karakteristik masalah berupa sebab-akibat antara dua variabel atau lebih (Indriantoro, 2002:27). Dalam hal ini untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan prikologi terhadap  perilaku konsumen diperumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
3.     Variabel Penelitian
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi sebagai variabel bebas (independen) serta perilaku konsumen sebagai variabel terikat (dependen).
4.     Populasi dan Sampel
Adapun yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh konsumen yang telah membeli rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang  sejak tahun 2008-2011 yaitu sebanyak 234 unit rumah yang dihuni yang mencakup seluruh tipe rumah yang dibangun di setiap cluster.
5.     Teknik  Pengambilan Sampel
Teknik  pengambilan sampel  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, yaitu pengambilan sample yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan (Sekaran, 1992) yaitu kriteria pemilik rumah telah menetap atau bermukim selama kurun waktu paling sedikit 2 tahun.

Analisa atau Hasil-hasil
1.     Uji Validitas
Berdasarkan tabel diatas dapat dilihat bahwa seluruh indikator dinyatakan valid karena memiliki r hitung > r tabel sehingga semua indikator disertakan dalam analisis selanjutnya.
2.     Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas merupakan alat uji untuk mengetahui tingkat kestabilan dari suatu alat ukur dalam mengukur suatu gejala. untuk menguji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Suatu pengukuran dikatakan reliabel apabila koefisien Alpha lebih besar dari 0,6.

Kesimpulan
1.     Faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini berarti bahwa apabila faktor budaya lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
2.     Faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini berarti bahwa apabila faktor sosial lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
3.     Faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini berarti bahwa apabila faktor pribadi lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
4.     Faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini berarti bahwa apabila faktor psikologi lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.

5.     Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) dari keempat variabel bebas dengan F hitung sebesar 254,460 yang berada di daerah tolak Ho. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara  faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen dalam membeli rumah. Nilai Koefisien determinasi dari keempat variabel bebas diperoleh hasil sebesar 93,6%. Hal ini berarti bahwa  kemampuan  faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi dalam menjelaskan perilaku konsumen sebesar 93,6%, sisanya sebesar 6,4% dapat dijelaskan oleh variable lain, yang tidak masuk dalam model.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar