Nama
Penulis
Abdul Ghoni Tri Bodroastuti
Judul
Penelitian
Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan
Psikologi Terhadap Pengaruh Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di
Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang)
Sumber
Jurnal / URL
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
pengaruh faktor budaya terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan
Griya Utama Banjardowo?
2. Bagaimana
pengaruh faktor sosial terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan
Griya Utama Banjardowo?
3. Bagaimana
pengaruh faktor pribadi terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan
Griya Utama Banjardowo?
4. Bagaimana
pengaruh faktor psikologi terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan
Griya Utama Banjardowo?
5. Bagaimana
pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi secara bersama-sama
terhadap perilaku konsumen dalam pembelian rumah diperumahan Griya Utama
Banjardowo?
Tujuan
Penelitian
Mengetahui bagaimana faktor budaya, sosial, pribadi
dan psikologi terhadap perilaku konsumen diperumahan Griya Utama Banjardowo
secara parsial maupun simultan dapat meningkatkan keputusan pembelian dan
variabel mana yang lebih dominan memiliki pengaruh yang besar terhadap
keputusan pembeli.
Hipotesis
Ha1: Faktor budaya berpengaruh positif terhadap
perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
Ha2: Faktor sosial berpengaruh positif terhadap
perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang.
Ha3: Faktor pribadi berpengaruh positif
terhadap perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo
Semarang.
Ha4: Faktor psikologi berpengaruh positif
terhadap perilaku pembelian perumahan Griya Utama Banjardowo
Semarang.
Ha5: Faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi
berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap perilaku pembelian perumahan
Griya Utama Banjardowo Semarang.
Metode
Penelitian
1. Pendekatan
Penelitian
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif.
2. Jenis
Penelitian
Jenis penelitian ini berupa penelitian Kausal
komparatif yaitu penelitian dengan karakteristik masalah berupa sebab-akibat
antara dua variabel atau lebih (Indriantoro, 2002:27). Dalam hal ini untuk
mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan prikologi terhadap perilaku konsumen diperumahan Griya Utama
Banjardowo Semarang.
3. Variabel
Penelitian
Variabel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi sebagai
variabel bebas (independen) serta perilaku konsumen sebagai variabel terikat
(dependen).
4. Populasi
dan Sampel
Adapun yang dijadikan sebagai
populasi adalah seluruh konsumen yang telah membeli rumah di Perumahan Griya
Utama Banjardowo Semarang sejak tahun
2008-2011 yaitu sebanyak 234 unit rumah yang dihuni yang mencakup seluruh tipe
rumah yang dibangun di setiap cluster.
5. Teknik Pengambilan Sampel
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode purposive sampling, yaitu pengambilan sample yang dilakukan sesuai
dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan (Sekaran, 1992) yaitu kriteria
pemilik rumah telah menetap atau bermukim selama kurun waktu paling sedikit 2
tahun.
Analisa
atau Hasil-hasil
1. Uji
Validitas
Berdasarkan tabel diatas dapat
dilihat bahwa seluruh indikator dinyatakan valid karena memiliki r hitung >
r tabel sehingga semua indikator disertakan dalam analisis selanjutnya.
2. Uji
Reliabilitas
Uji reliabilitas merupakan alat uji
untuk mengetahui tingkat kestabilan dari suatu alat ukur dalam mengukur suatu
gejala. untuk menguji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Suatu
pengukuran dikatakan reliabel apabila koefisien Alpha lebih besar dari 0,6.
Kesimpulan
1. Faktor
budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini
berarti bahwa apabila faktor budaya lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen
dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
2. Faktor
sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini
berarti bahwa apabila faktor sosial lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen
dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
3. Faktor
pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini
berarti bahwa apabila faktor pribadi lebih ditingkatkan maka perilaku konsumen
dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
4. Faktor
psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal
ini berarti bahwa apabila faktor psikologi lebih ditingkatkan maka perilaku
konsumen dalam membeli juga akan mengalami peningkatan.
5. Hasil
uji hipotesis secara simultan (uji F) dari keempat variabel bebas dengan F hitung
sebesar 254,460 yang berada di daerah tolak Ho. Hal ini berarti bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara faktor
budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen dalam membeli
rumah. Nilai Koefisien determinasi dari keempat variabel bebas diperoleh hasil sebesar
93,6%. Hal ini berarti bahwa
kemampuan faktor budaya, sosial, pribadi
dan psikologi dalam menjelaskan perilaku konsumen sebesar 93,6%, sisanya
sebesar 6,4% dapat dijelaskan oleh variable lain, yang tidak masuk dalam model.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar